Minggu, 05 Maret 2017

ASTAGA… Pria Ini Kaget Saat Tahu Kalau Jam Rolex Kunonya Dihargai Rp 1,1 Milyar


Renungkan bila Anda membeli sebuah jam tangan yang mereknya tak pernah Anda dengar dan Anda membelinya karena ada yang menganjurkan. Dan, setelah 55 tahun kemudian, Anda baru sadar jam itu berharga mahal dan membawa keberuntungan pada Anda.



Berita yang dikutip dari  Mirror, 6 Maret 2017, itulah yang terjadi pada seorang pria tua ketika mendatangi Antiques Roadhow yang digelar di Amerika Serikat tentang harga jam tangan yang dia beli pada saat dia menjadi seorang tentara berpangkat sersan.

Pada waktu itu Ia membeli jam master Rolex GMT di Jerman saat dia ditugaskan di sana sebagai tentara AS pada tahun 1960-an. Ia membelinya seharga U$ 120 atau Rp 1,6 juta. Ia mengakui itu uang yang banyak pada saat itu. Ia harus menghabiskan satu bulan gajinya sebagai sersan untuk membeli jam itu.

Saat dia berbincang dengan penaksir barang-barang antik di acara Antiques Roadhow baru-baru ini, dia bercerita, "Sersan atasan saya menganjurkan saya membeli sebuah jam tangan Rolex sebelum kembali ke Amerika Serikat."

"Ia berpikir itu adalah jam terbaik yang pernah dibuat dan dia bilang 'pastikan kamu membelinya sebuah sebelum kamu pulang' dan jam ini yang saya suka," ujarnya.

"Pernahkah sebelumnya kamu mendengar tentang Rolex?" tanya atasannya itu.

"Saya menjawab tidak pernah mendengar dan melihat jam itu. Saya hanya berpegang pada kata-kata atasan saya bahwa itu adalah jam terbaik yang pernah dibuat," katanya polos.

Peter Planes, seorang penaksir harga jam antik, mengatakan pada pria itu bagaimana jam itu "punya beberapa hal khusus" dan mulai terhuyung-huyung saat mengeluarkan sebuah daftar fitur jam antik.

Ternyata, jam pria itu adalah jam buatan pertama versi master Rolex GMT yang pernah dibuat. Rupanya ini menambah nilai jam yang dimiliki pria itu.

Pria tua itu masih menyimpan kotak jam dan brosur serta semua hal penting terkait jam itu dan dinilai Peter sebagai penambah mahal harga jam pria itu di mata kolektor jam.

Lalu Peter pun menilai harga jam pria itu. Ia mengaku sangat gembira melihat jam pria itu. "Saya sangat senang memberitahu Anda bahwa jam Anda hari ini adalah jam yang menjadi buruan dan idaman para kolektor jam."

"Hanya melihat sebentar saja saya sudah bisa menaksir jam itu seharga U$ 35.000-U$ 45.000 atau Rp 467 juta-Rp 601 juta.... tetapi....," kata Peter.

"Jam ini bernilai lebih mahal lagi. Karena Anda menyimpan kotak dan seluruh brosurnya. Jadi gampangnya, hari ini jam Anda ini bernilai antara U$ 65.000-U$ 75.000 atau Rp 868 juta-Rp 1,1 milyar," katanya. 

Taksiran Peter membuat pria tua itu shok. Ia tanpa sadar menutup mulutnya dan berkata: "Wow, saya kehilangan kata-kata.  Tadinya jika Anda bilang jam saya senilai U$ 1.500 saja saya sudah sangat senang."

Apa moral cerita ini? Jika anda membeli sesuatu yang mahal, jagalah kelengkapan dokumen dan brosurnya. Anda mungkin akan mengunjungi pameran  barang antik Antiques Roadhow dalam beberapa dekade lagi dan terkejut barang yang Anda beli dulu dihargai dengan sangat mahal.

Sumber: sooperboy.com

Baca Juga

Related Posts

ASTAGA… Pria Ini Kaget Saat Tahu Kalau Jam Rolex Kunonya Dihargai Rp 1,1 Milyar
4/ 5
Oleh