Jumat, 24 Maret 2017

MENAKJUBKAN… Subaru Pecahkan Rekor Lagi, Hajar Lintasan Bobsled..


Berita Otomotif Terkini,  Bobsled atau bobsleigh adalah olahraga musim dingin yang melombakan kecepatan meluncur di sirkuit es sempit dan berkelok-kelok dengan memakai kereta salju yang meluncur akibat dorongan gravitasi. Olahraga bobsled dimulai di St. Moritz, Swiss oleh para wisatawan, terutama wisatawan Inggris. Kereta salju pertama yang disebut bobsled, dibuat dari rangka kereta salju yang disebut luge (skeleton).



Lintasan bobsled dan skeleton merupakan paling tua di dunia juga terdapat di St. Moritz. Olympia Bobrun St. Moritz-Celerina dibangun pada tahun 1904.
Penasaran dengan lintasan bobsled tersebut, Subaru mengutus pereli profesional sekaligus stuntman film James Bond, Mark Higgins, untuk membejek sedan sport andalan Subaru, WRX STI, untuk menjajal lintasan bobsled di St. Morits tersebut.
Mobil yang digunakan pun bukan sembarang mobil, namun WRX STI yang pernah memecahkan rekor putaran tercepat di sirkuit Isle of Man TT pada 2015, dan sudah dibiarkan berada di muuseum selama 2 tahun.



Berhubung rekor yang dipegangnya sudah dipatahkan oleh mobil yang lebih kencang, Subaru menghubungi teman lamanya yang dulu menjalankan proyek WRC Subaru, Prodrive, untuk mempersiapkan WRX STI sebelum menghajar lintasan bobsled St. Moritz.
Mengingat akan banyak benturan, Prodrive memasukkan roll cage beserta bucket seat berstandar FIA di dalam kabinnya, menemani batang brace di dalam bagasi dan ruang mesin.
Sdangkan bagian eksteriornya mendapat tambahan bantalan karet pada bumpernya, dan lempeng besi menggantikan posisi splitter di depan.
Ban yang digunakan pun bukan sembarang karet bundar, melainkan ban Pirelli dengan teknologi anti-bocor bertekanan 50 psi. Sebagai informasi tambahan, ban selebar 135 mm ini dilarang penggunaannya di ajang reli dunia WRC.
Bagaimana hasilnya? Simak saja dalam video di bawah ini:



Sumber: otosia.com


Baca Juga

Related Posts

MENAKJUBKAN… Subaru Pecahkan Rekor Lagi, Hajar Lintasan Bobsled..
4/ 5
Oleh